Beranda | Artikel
Kiat-Kiat Bahagia di Zaman Fitnah (Ustadz Abu Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.)
Sabtu, 26 Desember 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.

Rekaman video: Ustadz Firanda Andirja, M.A. – Kiat-Kiat Bahagia di Zaman Fitnah

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kiat-Kiat Bahagia di Zaman Fitnah

Tidak ada yang ragu, bahwasanya kita sekarang hidup di zaman penuh fitnah. Kita bisa bedakan zaman sekarang dengan 10 tahun yang lalu, kita bisa merasakan fitnah yang muncul akhir-akhir ini semakin besar. Para ulama sepakat bahwasanya sekarang kita di zaman fitnah dengan berbagai fitnah yang muncul, baik fitnah pemikiran, fitnah firqah-firqah (kelompok-kelompok sempalan), fitnah Khawarij (pengeboman di mana-mana, pengkafiran di mana-mana), fitnah orang-orang Syi’ah, belum lagi fitnah syahwat; wanita diumbar di mana-mana. Fitnah sekarang masuk di rumah setiap orang, bahkan dibawa oleh setiap orang. Setiap orang yang memegang HP, pasti ada fitnah di HP-nya. Oleh karenanya, fitnah sekarang tidak bisa dipagari lagi, dia masuk kepada siapa saja. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يَتَقَارَبُ الزَّمَانُ ، وَيُقْبَضُ الْعِلْمُ ، وَتَظْهَرُ الْفِتَنُ ، وَيُلْقَى الشُّحُّ ، وَيَكْثُرُ الْهَرْجُ . قَالُوا : وَمَا الْهَرْجُ ؟ قَالَ : الْقَتْلُ الْقَتْلُ

“”Zaman semakin mendekat, ilmu akan diangkat, fitnah semakin banyak, rasa pelit dan tamak terhadap dunia dilemparkan dalam hati-hati manusia, dan banyak terjadi al-harju.” Para sahabat bertanya, “Apa itu al-harju“? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Pembunuhan. Pembunuhan.””

Berbicara sekitar 15 atau 10 tahun lalu, kalau ada berita yang kita dengar terjadi pembunuhan di suatu negara, meninggal 3 atau 1 orang, (maka) sudah menjadi berita yang heboh. Sekarang, mau 10 atau 100 orang meninggal, seakan-akan biasa saja; sampai (pun) banyak yang meninggal, kita tidak tahu. Kita tidak tahu di (suatu) negara terjadi pertempuran, pembunuhan, dan pengeboman, terlalu banyak yang meninggal, seakan-akan sudah perkara yang biasa. Ini telah dikabarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dalam Shahih Muslim:

وَتَجِيءُ فِتْنَةٌ فَيُرَقِّقُ بَعْضُهَا بَعْضًا

Lalu bagaimana kiat-kiat agar selamat di zaman fitnah ini, bahkan meraih kebahagiaan, baik di dunia, terutama di akhirat? Silakan simak dan download ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Firanda Andirja – Kiat-Kiat Bahagia di Zaman Fitnah

Mari bagikan ceramah ini ke akun media sosial kita, baik Facebook, Twitter, maupun Google+ kita. Semoga Allah memberikan pahala kepada kita untuk bekal kita di kehidupan akhirat kelak.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/18029-kiat-kiat-bahagia-di-zaman-fitnah-ustadz-abu-abdil-muhsin-firanda-andirja-ma/